Hello Kitty pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974. Hak cipta Hello Kitty didaftarkan pada tahun 1976 dan sekarang merupakan merek dagang di seluruh dunia. Pada waktu pertama kali diperkenalkan, target utama pemasaran Hello Kitty adalah anak perempuan, tapi sekarang penggemar Hello Kitty terdiri dari wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia.
Di Jepang, penggemar berat dan kolektor Hello Kitty disebut Kitty-ra. Pada tahun 2004, barang-barang Hello Kitty menembus pasar lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Karakter Hello Kitty sudah merupakan subkultur yang mewakili budaya Jepang
Sejarah
Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang merupakan produk pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan "Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty White sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan memberi nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang tampil dalam cerita Alice di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama keluarganya tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996, Hello Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, direktur perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004). Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun 1990-an berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan kepada Hello Kitty.
Serbaneka Hello Kitty
- Perusahaan Sanrio konon membuat Hello Kitty sebagai saingan karakter Snoopy yang populer lebih dulu di Jepang. Karakter kucing dipilih untuk bersaing dengan karakter anjing.
- Di Jepang, Hello Kitty diperkenalkan untuk pertama kali di surat kabar Ichigo Shimbun edisi ke-15 tahun 1975 (tanggal 1 November).
- Mulut Hello Kitty bukannya tidak ada tapi tidak digambar agar orang yang melihat menentukan sendiri letak mulutnya. Berlawanan dengan kebiasaan dalam anime, acara televisi bernama Kitty Paradise PLUS yang disiarkan di Jepang mulai bulan April 2006 juga menampilkan Hello Kitty versi anime yang digambarkan tidak bermulut tapi bisa berbicara.
- Di Jepang, Hello Kitty yang tampil dalam berbagai pakaian daerah disebut Gotōchi Kitty. Pakaian yang dikenakan Hello Kitty selalu mengetengahkan ciri khas dari objek pariwisata yang populer di berbagai daerah atau pakaian matsuri berbagai daerah di Jepang.
- Hello Kitty tampil di taman bermain Universal Studios Japan (USJ) yang terletak di Osaka sejak tanggal 1 Agustus 2004. Pada mulanya, Hello Kitty hanya dijadwalkan untuk tampil selama 1 bulan saja, tapi akhirnya ditampilkan terus menerus karena disambut baik para pengunjung. Hello Kitty bahkan telah menjadi salah satu karakter paling populer di USJ. Pada tanggal 18 Maret 2005, dibuka toko Hello Kitty Celebrity Special yang khusus menjual barang-barang Hello Kitty khas Universal Studios Japan.
- Kitty yang memperingatkan agar penumpang tidak terjepit pintu kereta ditampilkan oleh jaringan kereta Keio Railway di Tokyo sejak bulan November 1997. Taman bermain Sanrio Puroland di Tokyo memang dihubungkan oleh jaringan kereta Keio Railway.
- Sejak 1 November 2004, penduduk kota Tama di Tokyo yang merupakan lokasi taman bermain Sanrio Puroland dapat meminta surat keterangan bertempat tinggal (jūminhyō) bergambarkan Hello Kitty dari cabang kantor walikota yang terletak di stasiun kereta api Tama Center.
- Dai-Ichi Kangyo Bank di Jepang pernah menawarkan buku tabungan dan kartu ATM bergambar Hello Kitty sejak bulan Februari 1998 tapi tidak diteruskan setelah merger menjadi bank Mizuho pada tahun 2002.
- Perusahaan penerbangan Taiwan, EVA Air pernah mengecat pesawat Airbus A330 tipe 200 yang disebut Hello Kitty Jet dengan livery Hello Kitty dan berbagai karakter Sanrio. Hello Kitty Jet menghubungkan Fukuoka dengan Taipei sejak 22 Oktober 2005, sedangkan rute Narita-Taipei dengan Hello Kitty Jet dimulai sejak 10 November 2005.
- Pada tanggal 6 Februari 2006, kantor pos Jepang mengeluarkan perangko Hello Kitty yang berbentuk stiker. Perangko yang sama diterbitkan kembali pada tanggal 6 Juli tahun yang sama karena sambutan yang luar biasa dari penggemar filateli Jepang.
- Kantor pos Taiwan juga mengeluarkan perangko Hello Kitty pada tahun 2005.
- Pada tanggal 8 Juli 2004, Kitty memperkenalkan kucing peliharaannya yang dipanggil Charmmy. Pada tahun berikutnya (2005), adik Charmmy yang bernama Honey Cute juga mulai diperkenalkan. Kitty merupakan personifikasi kucing sehingga bukan hal aneh kalau Kitty mempunyai kucing peliharaan. Target pemasaran Charmmy Kitty pada tahun 2004 adalah wanita muda penggemar karakter kucing betina Marie yang tampil dalam The Aristocats produksi Disney.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar